Kecaman China atas Pembicaraan Perdagangan Amerika Serikat dan Taiwan

Nandika Tito   05 Jun 2022 | 11:41
Sajian / Internasional / Kecaman China atas Pembicaraan Perdagangan Amerika Serikat dan Taiwan
...
Sumber gambar: channelnewsasia.com

Dilansir dari Channel News Asia, baru-baru ini China menyatakan dengan tegas untuk mengecam pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Taiwan. Alasannya karena negara ini merupakan bagian dari wilayah China dan ingin menjadikan Taiwan untuk tetap sebagai daerah termarginalkan di dunia. 

Juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng mengkonfirmasi secara langsung atas kecaman China terhadap negara yang menjalin hubungan dengan Taiwan. 

“China selalu menentang segala bentuk pertukaran resmi antara negara mana pun dan wilayah Taiwan di China, termasuk negosiasi dan penandatanganan perjanjian ekonomi dan perdagangan apa pun dengan konotasi kedaulatan yang bersifat resmi”, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia. 

Kondisi memburuk ketika Amerika Serikat di bawah Pemerintahan Joe Biden berusaha untuk meningkatkan pengaruhnya di Taiwan. Perjanjian yang menitikberatkan pada aspek ekonomi ini bertujuan untuk membebaskan hambatan perdagangan (tarif dan non-tarif) dan non-perdagangan (kebijakan yang membuat terjadinya pengurangan esensi perdagangan internasional).

“Seperti perjanjian perdagangan sebelumnya, diskusi dengan Taiwan tidak akan melibatkan tarif atau akses pasar maupun hal-hal yang memerlukan persetujuan kongres”, ujar pejabat Amerika Serikat sebagaimana dikutip dari Channel News Asia. 

Berdasarkan laporan Channel News Asia, Taiwan sendiri merupakan negara pengekspor terbesar yang berada di urutan ke-10 untuk Amerika Serikat terkait alat-alat semikonduktor dan microchip paling canggih di dunia. 

Di sini lah letak mengapa Amerika Serikat bersikukuh dalam meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Taiwan di samping ingin melawan dominasi China. 



Bagikan:  
Komentar
0 Komentar