Share Pengalaman Kuliah di Kampus Swasta

Irene Prihatiningsih   05 Jun 2022 | 11:42
Review Peraturan / Share Pengalaman Kuliah di Kampus Swasta
...
Sumber gambar: whatsnewindonesia.com

Banyak yang beranggapan jika kuliah di kampus swasta artinya anak tersbeut tidak mampu untuk diterima di PTN. Padahal anggapan itu tidak benar, banyak yang memang lebih nyaman dan memilih untuk kuliah di kampus swasta karena kemauan sendiri. Dari saya TK sampai SMA, saya selalu masuk ke sekolah negeri, sempat bingung memilih jurusan dan kampus, akhirnya saya memilih kuliah di kampus swasta Katolik di Yogyakarta setelah research terlebih dahulu. Sempat skeptis juga saat sebelum masuk tahun ajaran karena saya belum pernah sekolah di sekolah swasta, juga spekulasi yang selama ini tersebar di sekitar saya. 

Namun, justru saya dibuat tercengang pada saat pertama kali inisiasi, kami mahasiswa baru sangat disambut, tidak ada perpeloncoan atau senioritas. Fasilitas yang diberikan juga lengkap dan bagus. Tak hanya itu, kampus juga memfasilitasi organisasi-organisasi daerah mahasiswa dan perhimpunan keagamaan mahasiswa seluruh agama. 

Untuk masalah biaya yang disebut-sebut mahal, saya setuju, tapi beberapa PTN juga memiliki tarif yang tak kalah besarnya dari kampus swasta, malah lebih besar. Dari segi pengajar juga tak sembarang dipilih, mengingat gaji mereka yang juga tak sedikit. Dan saya juga merasa selama berkuliah, kami mahasiswa sangat diperhatikan oleh kampus. Dimana kampus memiliki program berupa Weekend Moral yang mewajibkan mahasiswa menginap di wisma yang disediakan kampus untuk menerima pengetahuan moralitas selama 2 hari 1 malam di semester ke 2/3. 

Saya juga mengalami kemudahan dalam hal pembuatan skripsi, karena saya tidak merasakan yang Namanya dipersulit oleh dosen pembimbing. Selama proses pembuatan skripsi, saya sangat dibimbing dan juga dijelaskan dengan jelas mana saja yang perlu direvisi, serta beliau sangat menghargai pendapat dan setiap ide-ide saya. Jika beberapa mahasiswa kesusahan dalam bertemu dosen pembimbing untuk melakukan bimbingan, justru kadang dosen pembimbing saya yang mengajak bimbingan terlebih dahulu, padahal ibu dosen tersebut juga membimbing banyak mahasiswa. 

Ada spekulasi yang menyatakan jika kuliah di kampus swasta akan buruk untuk jenjang karir. Padahal karir kita mendatang adalah hasil dari kerja keras kita saat ini, baik PTS atau PTN jika selama mahasiswa itu kuliah malas-malasan dan tidak mau mengembangkan diri, ya tentu akan mengalami kesulitan dalam berkarir nanti. Jadi sangat tergantung individu.

Pengalaman saya di atas saya dapatkan selama berkuliah di PTS dengan akreditasi A, perlu diingat setiap institusi memiliki kebijakan mereka sendiri, jadi mungkin teman-teman akan memiliki pengalaman yang berbeda dengan saya. 



Bagikan:  
Komentar
1 Komentar
Fadhel Fikri
fadhel98fikri@gmail.com
Wahh