Sajian Alam Saat Berkendara di Jalur Alternatif Cangar

Nasirudin Al Mustofa   31 May 2022 | 10:13
Trivia / Sajian Alam Saat Berkendara di Jalur Alternatif Cangar
...
Sumber gambar: Nasirudin Al Mustofa

Kota Wisata Batu, merupakan kota di Jawa Timur yang memiliki beragam destinasi wisata unggulan. Kota Batu memadukan destinasi wisata alam dan wisata edukasi. Seperti Jatim Park 1-3, Secret Zoo, Selecta, Museum Angkut, Coban Rondon dan Perkebunan Apel. Kerap terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan menuju destinasi wisata kota Batu. Oleh sebab itu, pengunjung perlu mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

Jalur alternatif Cangar menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung yang berasal dari kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan kota sekitarnya. Jalur cangar ini menghubungkan antara kota Batu dengan kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto. Jalur alternatif ini cukup extreme untuk dilalui. Sehingga diperlukan kendaraan yang prima dan kondisi fisik yang kuat.

Terdapat banyak kelokan dan tanjakan di jalur alternatif Cangar. Dari Kecamatan Pacet pengendara akan memasuki Hutan Raya Raden Soerjo. Banyaknya pepohonan di sepanjang jalan membuat matahari sulit menembusnya. 

Saat keluar dari hutan, pengendara akan melewati jembatan yang kerap dijadikan spot foto anak-anak muda. Apabila ingin berfoto jangan parkir di atas jembatan, karena akan membuat jalan tersendat. Tak jauh dari jembatan tersebut terdapat permandian air panas yang masih asri. Tentunya cocok dikunjungi saat berada di daerah pegunungan seperti ini.

Keindahan Gunung Arjuno dan Welirang akan terlihat jelas dari jalur ini. Pepohonan yang rimbun mulai berkurang dan berganti perkebunan sayuran milik warga saat memasuki Kecamatan Cangar. Jalannya pun mulai menurun dan berkelok hingga sampai Kota Batu. Kondisi aspal yang bagus membuat perjalanan menyenangkan. 

Waktu yang tepat melewati jalur alternatif Cangar adalah pagi hari. Selain cuaca yang cerah, udara segar khas pegunungan akan membuat betah para pengendara. Apabila beruntung, pengendara akan melihat kepulan asap belerang dari kawah gunung Arjuno dan Welirang.



Bagikan:  
Komentar
0 Komentar