Pasir Putih nan Mempesona di Pulau Kelagian Lampung

Vanessa Regita Anjani   10 May 2022 | 09:58
Trivia / Pasir Putih nan Mempesona di Pulau Kelagian Lampung
...
Sumber gambar: Vanessa Regita Anjani

Jika ditanya mengenai pulau yang terkenal di Lampung, kebanyakan dari teman-teman akan menjawab Pulau Pahawang dan Pulau Tegal Mas. Padahal banyak pulau-pulau yang menawarkan pemandangan indah di Lampung, salah satunya adalah Pulau Kelagian. Pulau ini memiliki pasir putih yang sangat lembut, kondisi lingkungan sekitar pulau sangat bersih dan air laut yang tenang. 

Cara Pergi ke Pulau Kelagian

Pulau Kelagian terletak di Tenggara Teluk Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Untuk menuju pulau tersebut dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari Bandar Lampung menuju dermaga Ketapang sekitar satu jam. Jika teman-teman berangkat dari Metro, akan memakan waktu sekitar dua jam tanpa menggunakan tol. 

Sedikit informasi buat teman-teman yang akan menuju dermaga Ketapang, jika menggunakan mobil pribadi harus berhati-hati karena jalan berkelok-kelok, naik-turun, dan sedikit curam. Eittts, tenang! Biarpun keadaan seperti yang saya jelaskan, teman-teman dapat menikmati keindahan lautan di sepanjang jalan. 

Sesampainya di dermaga Ketapang, teman-teman dapat menggunakan perahu untuk sampai ke Pulau Kelagian. Perjalanan memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja. Saya pribadi sangat menikmati perjalanannya, angin berhembus kencang, suara mesin dari perahu yang sedikit mengganggu telinga namun teralihkan dengan keindahan yang disajikan oleh laut. Sedikit informasi, teman-teman dapat bisa melihat sampai ke dasar laut pada saat perahu akan bersandar hal ini dikarenakan air laut dari pulau Kelagian yang sangat jernih.

Harga Tiket Masuk Ke Pulau Kelagian

Tiket masuk Dermaga Ketapang satu mobil dikenakan biaya Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah). Pembayaran ini untuk satu mobil, tidak dihitung per-orang. Biaya untuk menyeberang pulau dengan perahu dan biaya sudah termasuk dengan tiket masuk Pulau Kelagian sekitar Rp. 270.000,- (dua ratus tujuh puluh ribu rupiah). Harga ini untuk sembilan orang. Saya tidak mendapatkan perhitungan yang pasti mengenai harga tiket masuknya dengan biaya jasa penyeberangannya. 

Tips berwisata ke Pulau Kelagian dan Apa saja yang Bisa Dilakukan

Saya takjub dengan keindahan pulaunya. Pasirnya halus, pulaunya bersih, dan air lautnya jernih. Air laut yang tenang juga menambah sensasi santai ketika berkunjung. Nah, ini beberapa tips untuk berkunjung dan apa saja yang dilakukan di Pulau Kelagian ini.

  1. Saya sarankan untuk teman-teman datang pada pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB atau paling lambat pukul 13.00 WIB hal tersebut dikarenakan waktu untuk penyebrangan kembali ke Dermaga Ketapang, paling lambat sekitar pukul 17.00 WIB selain itu, pertimbangan lainnya adalah cuaca, jika cuaca kurang baik maka sedikit kemungkinan untuk berenang atau bermain wahana air.
  2. Seperti yang sudah saya dijelaskan di atas, air lautnya sangat tenang dan tidak ada ombak, tapi saya sarankan bagi teman-teman yang tidak bisa berenang untuk jangan terlalu jauh berenangnya karena kecenderungan air laut yang tenang dan tidak ada ombak membuat kita tidak menyadari kedalamannya. Teman-teman juga harus lebih awas untuk melihat pembatas dari kedalaman laut.
  3. Ada banyak warung yang menjual makanan dan pakaian pantai di Pulau Kelagian. Jadi teman-teman tidak usah khawatir atau bingung jika teman-teman merasa lapar atau misalkan kelupaan untuk membawa pakaian salin.
  4. Ada musala dan kamar bilas. pengunjung hanya perlu membawa perlengkapan mandi dan baju salin setelah bermain di laut. Penggunaan kamar bilas, teman-teman perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah) untuk ganti pakaian dan Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) untuk bilas.
  5. Matahari terbilang terik dan panas. Jangan lupa menggunakan sunblock ke seluruh badan. Pengalaman saya sendiri kemarin, saya lupa menggunakan sunblock yang akhirnya membuat kulit saya mengalami sunburnt.
  6. Selain berenang teman-teman bisa mencoba wahana air seperti banana boat, donut boat, dan snorkling di Pulau Kelagian. Untuk banana boat dapat diisi sampai dengan 5 (lima) orang, sedangkan untuk donut boat dapat diisi sampai dengan 7 (tujuh) orang dengan tarif Rp 30.000 (tiga puluh ribu rupiah) per-orang. Teman-teman juga dapat menyelam dan melihat keindahan biota bawah laut hanya cukup membayar Rp 50.000 (lima puluh ribu) per-orang.


Bagikan:  
Komentar
0 Komentar