Our Father: Pemerkosaan Medis Seorang Dokter Infertilitas

Dwi Yuniarkasih   22 May 2022 | 09:48
Rekomendasi Buku/Film / Our Father: Pemerkosaan Medis Seorang Dokter Infertilitas
...
Sumber gambar: netflix.com

Our Father, film dokumenter di Indianapolis, Amerika Serikat karya debut sutradara Lucie Jourdan yang dirilis pada 11 Mei 2022. Mengusung topik sosial dan budaya, film ini dapat membantu para wanita untuk berhati-hati dalam melakukan inseminasi buatan.

Kegelisahan ini berawal dari Jacob Ballard, wanita berusia 35 tahun yang merasakan kejanggalan karena tidak mirip dengan anggota keluarganya dan melakukan tes DNA. Hal ini cukup mengejutkan ternyata Jacob memiliki banyak saudara separuh (tiri), selain itu dia menemukan skema mengejutkan yang melibatkan sperma donor dan dokter kesuburan yang populer.

Sosok dokter kesuburan yang populer ini bernama Don Cline yang diperankan ulang oleh aktor Keith Boyle. Don dikenal masyarakat sebagai tetua yang dihormati di Gereja. Namun naas, penggambaran kehormatan dan religius itu hilang ketika skandal malpraktik kepada pasien perempuan yang mendambakan anak terungkap.

Berdasarkan investigasi Jacob, bahwa Don Cline melakukan inseminasi illegal. Alih-alih memberi pendonor sperma ternyata ia memasukan sperma sendiri tanpa sepengetahuan dan seizin pasien. Hal ini tentu sangat menyimpang, dimana pendonor hanya bisa melakukan donor cairan sperma 3 kali tetapi ia sampai 94 kali membuahi sel telur pada pasien menggunakan alat suntik.

Peristiwa ini terjadi karena Cline terobsesi dengan ayat Yeremia 1:5 yang berbunyi “Sebelum aku membentukmu di rahim ibumu, aku telah mengenalmu”. Penggambaran ini diperlihatkan dimana semua keturunan Dr.Cline yang berjumlah 94 anak yang diketahui dari rahim wanita yang berbeda memiliki ciri: rambut pirang, mata biru dan memiliki masalah kesehatan seperti; autoimun, gangguan pembekuan darah, masalah pencernaan dan usus besar. Yang mana sungguh menekankan bahwa dia tahu apa yang dia lakukan pada 94 anaknya.

Fakta mengejutkan selanjutnya dari permasalahan ini, ia tergabung dalam komunitas Quiverfull yang bertujuan mempunyai anak sebanyak mungkin demi meraih surga dan menjadi tuhan.

Dalam runtutan permasalahan di atas, apakah ini termasuk pemerkosaan? Menurut Jody Madeira selaku professor hukum di Universitas Indiana mengatakan bahwa “Pemerkosaan bisa termasuk kelakuan yang korban tidak tahu itu seksual tetapi pelaku tahu itu seksual”. Jika hal ini dibawa ke jalur hukum, Jody merasa itu merupakan tunduhan terdekat karena Cline memproduksi sampel sperma, dia harus masturbasi di tempat terdekat dari ruang pasien yang sedang menunggu, telanjang dari pinggang ke bawah dengan kain kertas menutup lututnya dan lututnya terbentang.

Faktanya menurut Jodi, Cline melakukan ini di bawah efek gairah seksual dan  membuat ini sentuhan seksual. Bahkan jika dia berpikir soal istrinya atau kelinci merah muda pun itu masih tindakan seksual.

Film Our Father ini memberi nasihat singkat pada warga Indianapolis, bahwa "Meski sekalipun tidak mengalami masalah kesuburan, jika kamu menemui Cline dan kamu mempunyai anak, aku pikir sangat penting kamu melakukan tes DNA. Anakmu harus tes DNA, hanya untuk memastikan bahwa kamu tahu siapa ayah dari anak itu”.

Fakta lainnya bisa disaksikan di kanal Netflix dengan durasi penayangan satu jam tiga puluh tujuh menit.



Bagikan:  
Komentar
0 Komentar