Gunung Telomoyo, Mendaki Tanpa Keluar Keringat

Nasirudin Al Mustofa   04 Jun 2022 | 09:57
Trivia / Gunung Telomoyo, Mendaki Tanpa Keluar Keringat
...
Sumber gambar: Nasirudin Al Mustofa

Banyak orang yang ingin mendaki gunung namun khawatir dengan perjalanan yang melelahkan. Rasa takut bila tidak bisa sampai puncak dan kurangnya hari libur menjadi alasan utama. Persiapan untuk mendaki pun juga bukan hal yang disiapkan secara singkat. 

Perbatasan Kabupaten Semarang dan Magelang, terdapat sebuah gunung yang cukup unik untuk dikunjungi. Gunung tersebut bernama gunung Telomoyo dengan ketinggian 1.894 mdpl. Layaknya gunung pada umumnya, gunung Telomoyo ini memiliki panorama yang indah dengan suasana dingin. 

Uniknya, menuju puncak Gunung Telomoyo dapat dicapai dengan mengendarai kendaraan roda dua. Sensasi mendaki dengan roda dua di gunung ini sangat menantang. Pengujung akan melewati jalan yang menanjak, berliku dan sempit. Bahkan pengunjung juga akan melewati air terjun yang mengalir di sisi jalan. 

Setelah menempuh waktu kurang lebih setengah jam, pengujung akan sampai di puncak gunung Telomoyo. Spot foto yang biasa digunakan adalah landasan paralayang yang berada di sisi Timur gunung. Dari puncak ini akan telihat kemegahan gunung Merbabu, Andong, Merapi, Ungaran, Muria, Lawu, Sindoro, dan Sumbing. Melihat kebawah pengujung akan semakin takjub dengan adanya waduk Rawa Pening yang berwana biru kehijauan.

Gunung Telomoyo juga menyediakan jalur pendakian dengan estimasi waktu mendaki selama 2 jam. Momen paling tepat berkunjung ke Gunung Telomoyo saat pagi dan sore hari. Saat pagi hari, pengujung akan melihat lautan awan dan matahari tebit di sebelah timur. Sore hari, justru akan terlihat kemegahan gunung Andong dengan latar belakang langit yang berwana jingga.

Setelah adanya renovasi di sepanjang jalan menuju puncak gunung Telomoyo membuat jumlah pengujung kian meningkat. Perjalanan ke puncak pun terasa tak begitu sulit. Terlebih saat ini puncak gunung Telomoyo telah terdapat wahana permainan dan spot untuk berfoto. Apabila berkunjung ke sini, sempatkan juga untuk ngopi santai dan makan pentol yang dijual oleh warga lokal di puncak gunung.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke sini. Seperti menggunakan kendaraan yang prima, mengisi penuh bensin sebelum berkunjung, dan menggunakan pakaian hangat. Untuk tiket masuk gunung Telomoyo hanya sebesar Rp15.000 saja. Pengelola juga menyediakan penyewaan tenda bagi pengujung yang ingin bermalam di puncak gunung Telomoyo.



Bagikan:  
Komentar
0 Komentar