Gangubai: Cerita Pilu PSK Menjalani Kehidupan

Nadiyah Gadianne   21 May 2022 | 10:01
Rekomendasi Buku/Film / Gangubai: Cerita Pilu PSK Menjalani Kehidupan
...
Sumber gambar: Twitter/@BollywoodNow

Film India yang menjadi tayangan populer di Netflix ini mengambil topik tentang pekerja seks komersial di suatu daerah di India. Dengan menonjolkan perjuangan dari Gangubai dalam memperjuangkan hak-haknya dan juga hak wanita lainnya.

Ganga (Alia Bhatt) yang dijual oleh kekasihnya Ramnik (Varuun Kapoor) ke sebuah rumah bordil di Kamathipura. Ganga dijual seharga 1.000 rupee oleh Ramnik. Sejak ia bisa menerima nasibnya sebagai pekerja seks, Ganga mengubah namanya menjadi Gangu dan mengubah mimpi-mimpinya yang pupus.

Dalam film ini, Gangubai, yang sudah menjadi Nyonya di rumah bordil Bibi Sheela, memperjuangkan hak-hak yang seharusnya ia terima. Seperti meminta libur bekerja seperti pekerja kantoran meskipun Bibi Sheela menolak, mempertanyakan keadilan bagi pekerja seks yang dipukuli, memasukkan anak-anak ke sekolah yang berasal dari daerah prostitusi. Hal-hal itu tentunya menemui banyak halangan dan juga cemoohan dari masyarakat di sekitarnya, karena ia adalah seorang pekerja seks.

Film ini menyinggung topik yang sebenarnya hidup dengan masyarakat, yaitu stereotip dimana pekerja seks diremehkan, dipandang sebelah mata, hingga dianggap tidak pantas untuk menerima hak-hak kemanusiaan. Tidak jarang ditemukan slutshaming atau memberikan label kepada korban yang bertujuan untuk mempermalukan atau merendahkan korban. Film ini juga memperlihatkan bagaimana pandangan masyarakat kepada pekerja seks yang sebenarnya ingin bertahan hidup dengan pekerjaannya.

Film yang disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali ini menunjukkan bagaimana semua itu diceritakan dari sudut pandang pekerja seks komersial. Film ini diangkat dari kisah nyata Gangubai Harjivandas atau yang dikenal sebagai Gangubai Kothewali, yang diceritakan kisah hidupnya dalam buku berjudul Mafia Queen of Mumbai yang ditulis oleh S. Husein Zaidi.



Bagikan:  
Komentar
0 Komentar