7 Keunikan Pantai Menganti

Nasirudin Al Mustofa   12 May 2022 | 11:43
Trivia / 7 Keunikan Pantai Menganti
...
Sumber gambar: Nasirudin Al Mustofa

Nama pantai Menganti sudah tidak asing lagi di telinga para traveler yang haus dengan keindahan alam di bibir pantai. Di pantai ini, pegunjung disajikan pantai yang dikelilingi bukit dan tebing. Tempatnya yang jauh dari pemukiman penduduk menjadikan pantai ini sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan.

Tempat yang awalnya menjadi hidden place kota Kebumen kini berubah menjadi wisata yang ramah untuk keluarga. Hal ini tak lepas dari renovasi yang dilakukan pemerintah setempat untuk mendukung pariwisata di sektor pantai pesisir selatan. Bahakan renovasi yang dilakukan pemerintah sudah merambah ke pariwisata Internasional.

Pantai Menganti ini berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dari pusat kota Kebumen pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer ke arah selatan yang dapat ditempuh kurang lebih 1 jam 30 menit. Adapun tiket masuk di pantai ini masih cukup murah, yakni hanya Rp.10.000

Sebagai pantai menakjubkan yang masih dalam tahap renovasi, pantai ini memiliki beberapa keunikan yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Berikut 7 keunikan pantai Menganti yang wajib diketahui.

1. Mobil pick up untuk antar jemput gratis

Bagi pengujung yang menggunakan mobil pribadi nantinya akan di tempatkan di parkiran sebelah barat pantai Menganti. Selanjutnya apabila pengujung ingin menuju bukit di sebelah timur, maka pengelola telah menyediakan mobil pick up gratis yang telah dimodifikasi sedemikan rupa untuk mengantarkan para pengunjung. 

2. Memiliki bukit dan tebing

Adapun selain pantai yang sangat cantik, pantai Menganti juga memiliki bukit dan tebing. Untuk bukit sendiri bernama Sigatel dan Tanjung Karangbata di sebelah Timur. Sedangkan untuk tebing bernama Widadari di sebelah barat pantai. Bukit dan tebing ini menjadi lokasi yang strategis bagi pengujung yang ingin melihat sunrise dan sunset berlatar belakang pantai Menganti.

3. Pasir putih dan batuan purba

Bagian barat pantai ini terdapat pasir putih yang sangat cocok untuk bermain air Bersama keluarga. Sedangakan untuk di bagian Timur justru tidak ada pasir putih, namun terdapat batuan-batuan purba dan karang yang menghiasi bibir bukit. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin berwisata ke pantai menganti wajib datang di pagi hari untuk menikmati keseluruhan keindahan pantai Menganti ini.

4. Jembatan merah

Jembatan merah ini menjadi tempat berfoto ria para pengunjung. Uniknya jembatan ini menjorok ke laut sehingga keindahan pantai Menganti dapat terekam jelas oleh kamera. Jembatan yang warnanya full merah terang ini berdiri di atas batu karang pantai Menganti. Untuk datang ke sini pengujung perlu berjalan 10 menit dari lokasi parkiran sebelah timur. Jembatan ini juga berdekatan dengan bukti Tanjung Karangbata.

5. Puluhan gazebo untuk bersantai

Sekitaran bukti Tanjung Karangbata tedapat puluhan gazebo untuk bersantai para pengujung. Terlebih tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang membawa bekal makanan dan minuman untuk disantap bersama keluraga. Selain untuk bersantai, gazebo ini juga cocok untuk berofoto, karena gazebo-gazebo tersebut langsung menghadap ke laut pantai selatan.

6. Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

Selain mejadi objek wisata, pantai Menganti juga sebagai sentral Tempat Pelalangan Ikan (TPI). Ikan di sini pun terkenal masih segar, sehingga cocok bagi pengujung yang ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

7. Rute yang sangat menegangkan

Untuk datang ke pantai Menganti diperlukan persiapan yang matang. Terlebih jalan yang berkelok-kelok dan naik turun mengharuskan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima. Meski pemerintah telah melakukan perbaikan jalan di beberapa titik, pengujung juga harus waspada dan perlu skill berkendara yang mumpuni. Akan tetapi, perjalanan yang menegangkan tersebut tentunya akan tergantikan ketika sampai di lokasi pantai Menganti.

Nah, itulah beberapa keunikan pantai Menganti yang perlu diketahui. Apakah setelah membaca 7 keunikan ini kalian semakin berencana untuk datang ke pantai Menganti? semoga perjalanan kalian nantinya bakal menyenangkan dan memuaskan.



Bagikan:  
Komentar
0 Komentar