6 Destinasi Wisata di Kabupaten Pati yang Tidak Boleh Dilewatkan

Nasirudin Al Mustofa   29 May 2022 | 09:55
Trivia / 6 Destinasi Wisata di Kabupaten Pati yang Tidak Boleh Dilewatkan
...
Sumber gambar: Nasirudin Al Mustofa

Kabupaten Pati menjadi daerah yang subur dalam bidang pertanian di provinsi Jawa Tengah. Selain wilayah yang berada di dataran rendah, kabupaten Pati juga memiliki daerah di lereng pegunungan Muria dan pesisir pantai Utara. Tentunya, membuat kabupaten Pati mempunyai berbagai macam destinasi pariwisata.

Pariwisata di Kabupaten Pati potensial untuk dikembangkan. Banyak tempat wisata yang tersembunyi dan belum diketahui banyak orang. Perlu usaha untuk mempromosikan kepada masyarakat luas tentang potensi pariwisata di Kabupaten Pati ini. Sehingga kabupaten Pati dapat menjadi daerah unggul dalam sektor pariwisata. 

Berikut 6 destinasi kabupaten Pati yang wajib dikunjungi;

1. Waduk Seloromo

Waduk Seloromo merupakan salah satu destinasi pariwisata di Kabupaten Pati yang berada di lereng gunung Muria. Dari Waduk Seloromo terlihat jelas Gunung Muria yang berdiri gagah di sebelah utara. 

Waktu yang tepat berkunjung ke sini adalah saat pagi hari dan sore hari. Selain melihat keindahan waduk, pengunjung juga dapat memancing ikan di pinggiran waduk Seloromo. Lokasi Waduk Seloromo berada di Kelurahan Gembong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati.

2. Air Terjun Tadah Hujan

Air terjun Tadah Hujan merupakan destinasi pariwisata yang dijadikan tempat bagi sebagian orang untuk ritual. Masyarakat sekitar masih percaya akan legenda tentang air terjun ini. Sehingga air terjun Tadah Hujan di kramatkan oleh masyarakat sekitar.

Air yang jernih dipadu dengan keindahan alam sekitar membuat air terjun Tadah Hujan sangat cocok untuk menghilangkan penat dari kesibukan kerja. Namun, perlu hati-hati karena bebatuan disekitar air terjun Tadah Hujan cukup licin. Lokasi air terjun Tadah Hujan ini berada di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

3. Air Terjun Grenjengan Sewu

Air terjun Grenjengan Sewu merupakan sebuah air terjun yang masih sangat asri. Sekeliling air terjun terdapat tanaman hijau yang merambat dan terdapat beberapa pohon yang membuat suasana sejuk. 

Air terjun Grenjengan Sewu ini terbilang sangat sepi. Lokasinya yang berada di dekat hutan dan juga persawahan membuat pengunjung merasa betah untuk bermain di sekitar air terjun ini. Lokasi air terjun Grenjengan Sewu berada di Desa Jrahi, Kecamatan Gn. Wungkal, Kabupaten Pati.

4. Goa Wareh

Gua Wareh merupakan sebuah goa yang dalamnya terdapat sumber mata air. Pengunjung dapat menelusuri gua Wareh ini dan berendam di dalamnya. Air yang jernih dan dingin membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di sini. Lokasi goa Wareh berada di desa Kedumulyo, kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

5. Desa Wisata Jolong

Desa Wisata Jolong terletak di lereng gunung Muria. Daya tarik utama desa wisata ini adalah perkebunan kopi dan bumi perkemahannya. Desa wisata Jolong sudah cukup terkenal di masyarakat kabupaten Pati. Pengelolaan desa wisata ini sangat baik dan tertata rapi. 

Kegiatan bersama keluarga menjadi hal yang wajib dilakukan saat berada di desa ini. Pengunjung akan merasakan suasana pedesaan di lereng gunung Muria yang sejuk dan asri. Lokasi desa wisata Jolong ini berada di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati.

6. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo, pantai di pesisir timur Kota Pati yang kerap digunakan untuk melakukan ritual sedekah laut di hari-hari tertentu. Pantai Banyutowo memiliki area yang cukup luas dan ombak yang tenang. Hal ini menjadikan pantai Banyutowo cocok untuk liburan bersama keluarga. Terlebih pengelolaan pantai yang cukup baik menjadikan tempat ini lebih bersih daripada pantai yang lainnya. Pantai Banyutowo ini berada di Kecamatan Seti, Kabupaten Pati.



Bagikan:  
Komentar
0 Komentar